Sumber Daya Proyek
Tiga tipe sumber daya Proyek- Sumber daya manusia
- Sumber daya komponen software
- Sumber daya perangkat keras /perangkat lunak
1. Sumber daya manusia (Human Resource)
- Mengevaluasi ruang lingkup serta memilih kecakapan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengembangan sistem.
- Memilih jumlah person per proyek. Jumlah orang yang diperlukan proyek software ditentukan setelah menentukan estimasi effort pembangunan.
- Untuk proyek kecil sekitar 6 orang per month, adalah standar.
2. Sumber daya software (software Resources)
- Reusable Components
- Reusable adalah kreasi dan penggunaan kembali blok bangunan perangkat lunak.
- Blok-blok tersebut harus dikatalogkan dan distandarisasi untuk aplikasi yang mudah dan divalidasi untuk integrasi.
Kategori Sumber Daya
Empat kategori sumber daya (resources) :
1. Off the shelf components
Software yang ada dapat diambil/diperoleh dari pihak ketiga dan sudah dibangun internal. COTS (commercial off the shelf)
2. Full experience components
Spesifikasi, design, code atau data test yang sudah ada yang dikembangkan pada proyek yang lalu yang serupa dengan software yang akan dibangun pada proyek saat ini.
3. Partial experience components
spesifikasi yang ada ( kode, desain dan data uji) perlu dimodifikasi.
4. New components
Software yang harus dibangun dari awal oleh team software untuk kebutuhan proyek sekarang.
Environment Resources
(Sumber daya lingkungan)
Lingkungan yang mendukung proyek software disebut juga dengan Software Engineering Environments (SEE) merupakan incorporasi (penggabungan) dari software dan hardware.
Software Project Estimation
Software Project Estimation
- Agar meraih cost/biaya dan usaha/effort estimasi yang reliable maka ada sejumlah pilihan yang dapat dipertanggung jawabkan :
- Menunda estimasi
- Menggunakan estimasi pada proyek yang mirip
- Menggunakan teknik decomposisi
- Menggunakan satu atau lebih model empiris bagi estimasi biaya/usaha.
Tim proyek dan organisasi
Tujuan
- Memahami team proyek yang terlibat dalam pengembangan sistem.
- Memahami pengertian team stakeholder .
- Memahami bagaimana memenej human resource yang ada
- Memahami pengembangan tim dan organisasi
Project team Stakeholders
- Merupakan individu-individu dan organisasi yang secara aktif terlibat dalam proyek, atau orang – orang yang tertarik dan mempunyai kepentingan dalam mempengaruhi hasil akhir dari proyek tersebut.
Para Project Team Stakeholder
1. Project Manager
Orang yang bertanggung jawab dalam mengelola proyek.
2. Customer
Individu atau organisasi yang akan menggunakan produk sistem yang dibangun.
3. Organisasi
Perusahaan dimana para karyawannya secara langsung terlibat dalam proyek pengembangan sistem.
4. Sponsor
Individu atau grup di dalam organisasi yang memberikan fasilitas dan finansial/keuangan, dalam bentuk uang atau dalam bentuk lainnya dalam proyek pengembangan sistem.
Pengaruh Organisasi
Organisasi terdiri dari :
Korporasi, pemerintahan, institusi , departemen kesehatan, bagan internasional, asosiasi profesional, dan lain-lain.
Sistem organisasi
a. Organisasi yang mendapatkan keuntungannya dari mengerjakan proyek –proyek.
Contohnya : perusahaan arsitektur , konsultan, kontraktor konstruksi, kontraktor pemerintah.
b. Organisasi yang yang melakukan manajemen berdasarkan proyek. Untuk memfasilitasi manajemen proyek.
Contohnya : Sistem finansial, akunting.
c. Organisasi yang bukan berorientasi pada proyek
Contoh: pabrik, perusahaan keungan, firma dll.
Organization Culture and Style
Sebagian besar organisasi telah membentuk kultur atau pola organisasinya yang unik.
Berdasarkan : kebijakan perusahaan, prosedur dan otoritas dan berbagai faktor lainnya.
Struktur Organisasi Team
• Functional
Merupakan bentuk hirarki dimana setiap karyawan memiliki satu pemimpin yang jelas. Staff digrup berdasarkan spesialisasi seperti produksi, marketing, engineering, dan accounting.
• Projecterized
Anggota team biasanya dialokasikan. Sebagian besar sumber daya organisasi terlibat dalam proyek, dan project manager memiliki andil yang cukup besar dalam tanggung jawab dan wewenang.
Matrix
• merupakan kombinasi dari fungsional dan projecterized.
• Project manager sebagai koordinator daripada sebagai seorang manager.
• Mengambil sumber daya dari semua bagian/departemen organisasi perusahaan, keahlian tertentu diperlukan untuk suatu proyek,
Management Human Resources
Merupakan proses yang diperlukan untuk memanfaatkan secara efektif semua orang yang terlibat dalam proyek. Termasuk : stakeholder , sponsor, customer, designer, builder, kontributor dan lain-lain.
Kegiatannya terdiri dari:
- Organization Planning
- Staff aquisition
- Team Development
Kegiatan Manajemen HR
a. Organizational Planning
Mengidentifikasi, mendokumentasi dan memberikan peranan, tanggung jawab dan hubungan pelaporan dalam sebuah proyek.
b. Staff Acquisition
Membuat sumber daya manusia mendapat peranan dan bekerja pada proyek yang ditentukan.
c. Team Development
Membangun keahlian individu dan keahlian grup untuk meningkatkan performa team proyek.
Membuat Team lebih Solid
1. Melakukan rapat yang produktif
2. Membangun ruang dalam satu team
Menempatkan team dalam satu lokasi
3. Membuat logo team (team ‘signs’)
Sign yang dapat membangun identitas team
4. Publikasikan usaha team
Project dibahasa dalam surat/newsletter perusahaan
Memberikan Reward
Memberikan reward/penghargaan untuk memotivasi anggota team.
- Menulis surat untuk performa baik anggota team
- Merekomendasikan bonus
- Fasilitas baru diberikan kepada pekerja yang paling baik
- Mengajak makan
Membangun Relasi yang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar