Berbagi Itu Indah, Indahnya Jika Kita Bisa Berbagi Dalam Hal Kebaikan

Tempat dimana saya berbagi ilmu dan pengalaman, Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 17 April 2020

Bagaimana Cara Efektif Dalam Memahami Algoritma?

Pertama-tama, kita harus tau apa itu algoritma !

Dengan belajar algoritma, bertujuan untuk mempermudah pembuatan program baik yang sederhana maupun kompleks. Algoritma sendiri merupakan urutan perintah/langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Logis disini berarti sesuai dengan logika manusia. Misalnya, algoritma aktifitas pagi hari sebelum berangkat ke kampus oleh mahasiswa dimulai dari bangun dari tempat tidur, melepas piyama, mandi, berpakaian, sarapan, dan berangkat ke kampus.
Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Suatu program ditulis mengikuti kaidah bahasa pemograman tertentu. Bahasa Pemograman dapat di analogikan dengan bahasa yang digunakan manusia (bahasa manusia). Kumpulan intruksi dalam bahasa manusia yang berupa sejumlah kalimat dapat anda analogikan dengan suatu program.

Tindakan yang harus dilakukan !

Perlu menjadi catatan di sini adalah, algoritma bukanlah teori A maupun rumus yang perlu dihapalkan. Untuk memahami algoritma, perlu banyak waktu dan latihan. Berikut cara agar bisa cepat menguasai dan memahami algoritma pemograman berdasarkan sisi dasarnya :
  1. Untuk memahami algoritma dengan memperbanyak latihan bagaimana mencari langkah-langkah solusi secara logis. Kalau perlu buat masalah sendiri dan cari langkah solusinya. Selain itu jangan hanya puas dengan mengerjakan tugas dari dosen. Karena tugas dari dosen itu scope nya kecil, masih banyak hal lain di luar tugas dosen yang perlu dieksplorasi.
  2. Setelah konsep algoritma ini dikuasai, silahkan memilih salah satu jenis bahasa pemrograman yang disukai. Pada prinsipnya, jika konsep algoritma sudah dipegang, mau pindah ke bahasa pemrograman apapun bisa, karena bila sudah masuk ke bahasa pemrograman, fokusnya ke penguasaan sintaks atau aturan penulisan perintah. Maka dari itu, sintaks ini bisa dihapalkan.

Kemudian, kita harus tau bagaimana untuk merancang sebuah algorima !

Sebuah algoritma, langkah-demi-langkah proses logis untuk memecahkan masalah. Algoritma biasanya ditulis melalui flowchart atau pseucode.
Kunci untuk setiap pemecahan masalah adalah bagaimana kita berpikir terhadap prosesnya. Hal yang paling berguna adalah terus bertanya “Bagaimana jika kita melakukannya dengan ini?” Mengeksplorasikan berbagai cara pemecahan masalah dapat membantu untuk menemukan cara terbaik dalam pemecahannya.
Ketika merancang sebuah algoritma, pertimbangkan beberapa cara untuk memecehkan masalah tersebut.
Ada 2 bidang utama untuk merancang sebuah algoritma, yaitu :
  • gambaran besarnya , untuk mengetahui “Apa tujuan akhir?”
  • tahapannya, untuk mengetahui “Apabila ada rintangan, apa yang harus diatasi dalam perjalanan menuju tujuan akhir tersebut?”

Memahami masalah

Sebelum algoritma dirancang, penting untuk memeriksa bahwa masalah ini harus benar-benar dipahami. Ada beberapa hal dasar untuk mengetahui agar benar-benar memahami masalah :
  • Apa input/masukan yang diperlukan ke dalam masalah ?
  • Apa yang akan menjadi output/keluaran dari masalah ?
  • Dalam urutan apa instruksi harus dilakukan ?
  • Keputusan apa yang perlu dibuat dalam masalah ?
  • Apakah setiap daerah dari masalah berulang ?
Setalah hal-hal dasar di atas telah dipahami, barulah kita dapat merancang algoritma dengan baik.

Sebagai contoh penulisan algoritma yang sederhana

Perancangan sebuah algoritma, pasti terlebih dahulu memikirkan bagaimana langkah yang tepat dan langkah-demi-langkah yang benar. Sebagai contoh penulisan algoritma, petunjuk membuat smoothie :
  1. Siapkan blender, buah-buahan yang diinginkan, dan susu sebagai pencampur.
  2. Masukkan buah-buahan ke dalam blender.
  3. Kemudian, tambahkan susu ke dalam blender.
  4. Pasang tutup blender.
  5. Nyalakan blender untuk memulai pencampuran.
Bayangkan jika kita melewatkan salah satu langkah atau terbalik. Kita bisa berakhir pada blender dengan tidak bagus. Atau hanya ada susu di dalam blender dan tidak ada buahnya.
Itu tidak akan membuat smoothie yang lezat, bahkan tidak akan membuat smoothie sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot